Apa itu katalog elektronik?

 

Software Procurement Katalog elektronik, atau yang biasa disebut dengan e-catalog adalah informasi dalam bentuk digital yang berisi produk beserta keterangan teknis serta harga, untuk keperluan penjualan.

Tidak seperti brosur atau buku katalog yang biasa dibagikan di pusat perbelanjaan, katalog elektronik sangat hemat biaya karena tidak butuh dicetak dan tidak memerlukan orang untuk membagikannya.

 

Katalog elektronik: Dulu dan Sekarang

Dulunya, istilah katalog online atau katalog elektronik hanya sebatas daftar buku koleksi yang ada di perpustakaan tersebut. Aksesnya bisa terbatas bisa bebas, bergantung dari peraturan perpustakaan masing-masing. Daftar buku ini memudahkan pencarian berdasarkan judul maupun pengarangnya serta memudahkan bagi para librarian untuk mencarinya di rak. Dari sinilah katalog elektronik mulai berkembang. Dari fungsi sederhana (mencari buku) beralih ke fungsi pemakaran yang terbukti sangat efektif di era digital saat ini.

 

Banyak brand-brand terkenal dari luar maupun dalam negeri yang mulai menggunakan katalog elektronik. Katalog mereka bisa didownload di website ataupun di link yang tertera di akun sosial media bisnis tersebut. Ambil contoh IKEA. Perusahaan ini memiliki katalog online yang bisa didapatkan di website dengan mudah, lengkap dengan inspirasi desain interiornya. Jadi, Anda bisa melihat-lihat dulu sebelum memutuskan untuk membeli produk mebelnya.

 

Berbagai manfaat katalog elektronik

Selain hemat kertas, katalog elektronik juga terbukti lebih efektif karena Anda tidak perlu membagikannya ke semua orang yang lewat. Dan belum tentu semua orang tersebut adalah target market Anda. Katalog elektronik dapat secara signifikan mengurangi budget marketing Anda, karena yang mengunduh katalog elektronik hanyalah orang-orang yang tertarik oleh produk Anda saja.

 

Selain itu, katalog elektronik juga dapat mengumpulkan database konsumen Anda. Mulai dari siapa dan dimana mereka tinggal – Anda dapat menyesuaikan informasi apa yang ingin Anda ketahui tentang target market melalui katalog elektronik yang Anda berikan.

 

Saat ini, katalog elektronik menjadi salah satu bentuk strategi marketing yang ampuh karena hampir semua orang menghabiskan waktu mereka di depan smartphone atau gadget lainnya. Katalog elektronik juga membantu konsumen untuk lebih kenal dengan produk/jasa Anda. Dan bagi pemilik bisnis, katalog elektronik membantu menjembatani transaksi penjualan dengan mudah sehingga peran customer service dapat diminimalkan karena pertanyaan seputar produk sudah ada lengkap di katalog tersebut.

 

Anda dapat menggunakan fitur-fitur gratis yang ada di internet untuk membuat katalog secara online atau meminta bantuan desainer grafis dan copywriter untuk membuat katalog online yang selaras dengan brand dan target market Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *