4 Alasan keuntungan memakai sistem ERP

 

Sebagian perusahaan besar memakai software ERP dalam menjalankan bisnis untuk menambah produk dan efektifitas kerja orang – orangnya, yang akhirnya bisa menghasilkan nilai tambah dan menyerahkan keuntungan maksimal untuk semua pihak yang berkepentingan. ERP atau Enterprise Resource Planning System ialah sistem informasi yang diperuntukkan untuk perusahaan menengah ke atas guna mengintegrasikan dan mengotomasikan proses bisnis yang bersangkutan dengan aspek operasional, buatan maupun penyaluran di perusahaan bersangkutan.

Sistem ERP secara modul seringkali mengangani proses manufaktur, logistik, distribusi, persediaan (inventory), keuangan, invoice dan akunting perusahaan. ERP dipergunakan guna mengelola proses bisnis yang telah diciptakan standarisasinya, supaya berjalan cocok dengan yang sudah ditargetkan, dengan teknik mengelola data secara sentral sehingga melulu perlu sekali saja memasukan data guna selanjutnya dimanfaatkan oleh sekian banyak proses bisnis di dalam perusahaan.

Pada perusahaan yang tidak merealisasikan sistem ERP, pada umumnya memakai sistem yang bertolak belakang di tiap departemen. Sistem ERP dikembangkan guna menggantikan sistem – sistem yang terpisah tersebut menjadi satu kesatuan sampai-sampai pengelolaannya lebih gampang dan efisien. Ada baiknya anda melihat sejumlah hal ini sebelum Anda menyimpulkan untuk mengaplikasikan aplikasi ini ke dalam bisnis Anda:

1. Perencanaan & manajemen yang terkontrol (Planning)
Sistem ERP bakal menyajikan pelbagai data dari unit bisnis yang berbeda-beda secara sistematis, komprehensif, real-time, dan gampang dalam aksesnya. Hal ini akan mempermudah perusahaan dalam mengerjakan pemantauan dan pengendalian atas proses bisnis Anda.

Selain meluangkan perencanaan yang lebih baik, sistem ERP pun dapat menambah efisiensi pada kegiatan rutin harian laksana pemesanan, pengiriman, kinerja pemasok, manajemen kualitas, manajemen kas, dan realisasi penjualan. Dengan adanya sistem ERP, siklus masa-masa penjualan ke kas dan pembayaran ke pemasok pun bisa dipersingkat.

2. Akurasi data yang lebih baik (Costing)
Menentukan akurasi nilai – nilai default dari skema dasar yang dipakai dalam nyaris keseluruhan proses transaksi terutama transaksi finansial dan material. Dengan sistem ERP Anda bisa menilai lebih dari satu pemakaian metoda dan level evaluasi material cocok dengan tipe/jenis kelompok material dan kepandaian perusahaan.

Dengan auto costing ini, masing-masing transaksi material dan aspek berhubungan dengan bisnis Anda bisa secara real-time memprovokasi pergerakan dan evolusi kondisi finansial perusahaan, yang pada akhirnya bakal dapat menyajikan laporan finansial dengan cepat bahkan real-time.

3.Peningkatan efisiensi & produktifitas (Forecasting)
Keuntungan yang dapat dialami secara langsung ialah pengurangan cost yang diperlukan dalam menjalankan bisnis. Sistem ERP bisa memperkirakan aspek yang tidak menguntungkan. Dalam urusan ini sistem ERP mempunyai alat-alat penyokong pengambilan keputusan yang baik laksana alat perencanaan dan perangkat simulasi yang dapat menolong manajemen guna lebih tepat memanfaatkan sumber dayanya laksana material, sumber daya insan dan mesin atau perlengkapan kerja.

Sistem ERP mempunyai fleksibilitas guna beradaptasi dengan kebutuhan-kebutuhan di masa depan. Integrasi, kinerja, dan alur informasi yang berlangsung dengan lebih baik bisa meningkatkan keterampilan perusahaan dalam mengerjakan perencanaan dan pengendalian sampai-sampai mereka siap menghadapi kendala di masa yang bakal datang.

Sistem ERP terdiri dari sekian banyak modul dan sub-modul yang bisa mewakili komponen bisnis tertentu.
Kesulitan mengakses data bukanlah urusan yang anda inginkan. Apalagi andai data yang anda butuhkan tersebut paling penting sebab mempengaruhi keputusan yang butuh diambil. Kesulitan akses data tersebut barangkali dapat terjadi andai kita tidak mempunyai suatu sistem yang apik dan gampang untuk diakses dari manapun laksana software ERP. Karena terkadang anda tidak melulu terdapat di kantor, sementara kita melulu dapat mengakses informasi dari kantor saja.
Software ERP dengan cloud system menolong Anda otomatisasi proses bisnis, mengatur kegiatan harian di masing-masing bagian. Tanpa sistem ERP, Anda bakal menjadi paling sulit guna dapat menjalankan alur kerja secara efektif dan kolaborasi antara unsur dengan baik.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *