Apa Saja Jenis-Jenis Jasa Penerjemah Dokumen?

  • Share

Jasa penerjemah dokumen banyak digunakan untuk kebutuhan menafsirkan sebuah buku maupun dokumen penting lainnya. Selain itu, pekerjaan ini pun harus dilakukan oleh orang yang benar-benar paham sehingga tidak ada yang keliru dalam menerjemahkannya.

Jenis-Jenis Penerjemah Dokumen

Penerjemah dokumen merupakan mengalihbahasakan suatu berkas atau dokumen ke bahasa yang lain. Misalnya, ada sebuah buku berbahasa Inggris kemudian diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia.

Hal tersebut dilakukan untuk memudahkan para pembaca memahami apa isi yang terkandung dalam buku maupun sebuah dokumen.

1. Penerjemah Dokumen Biasa

Biasanya yang diterjemahkan lebih mengarah kepada berkas atau data yang tidak terkait dengan hukum atau yang berkaitan dengan legalitas.

Selain itu, dokumen yang telah berhasil diterjemahkan biasanya memiliki tanda tangan maupun cap maupun pun tanda tangan dari orang yang mengecapnya. Contohnya buku, artikel, dan lain sebagainya.

Para penerjemah, tidak perlu dilantik atau disumpah oleh pejabat berwenang. Selama mereka memiliki kemampuan yang mumpuni, mereka bisa melakukan terjemahaan dokumen yang dibutuhkan.

2. Penerjemah Dokumen Tersumpah

Dokumen ini cukup berbeda dengan jenis satunya. Hal ini karena orang yang akan mengubah bahasa dokumen tersebut haruslah sudah lulus uji kualifikasi.

Dimana kemudian diambil sumpah oleh pejabat yang memiliki wewenang. Lebih tepatnya yaitu Gubernur Daerah Administratif Ibukota ( Jakarta). Dimana diselenggarakan oleh LBI ( lembaga Bahasa Internasional dan UI ( fakultas ilmu pengetahuan Budaya).

Sehingga dapat disimpulkan, orang yang menerjemahkannya bukanlah orang sembarangan. Selain itu, dokumen yang ditanganinya pun berupa akte kelahiran, transkrip nilai, surat nikah, dan lain sebagainya.

Kemudian setelah selesai diterjemahkan, maka dokumen tersebut ditandatangani kemudian di stempel. Sehingga memiliki kekuatan secara hukum yang sah.

Penerjemahan dokumen dapat dibedakan menjadi dua bagian. Yaitu penerjemah dokumen bahasa dan tersumpah. Maka gunakanlah jasa penerjemah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Adapun dalam proses penerjemahannya pasti akan melalui beberapa proses. Dari mulai memperterjemahkan teks sampainya menyempurnakan isi dari dokumen tersebut.

Sehingga dengan ini tugas jasa penerjemah dokumen, bisa diketahui dan begitu juga dengan jenis-jenis jasa penerjemah dokumen.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *