Cara Mengobati Jamur Pada Kuku

jamur kuku kaki (onychomycosis )

Beberapa jenis infeksi jamur kuku ternyata susah untuk diobati. Itu sebabnya, Anda butuh berkonsultasi dengan dokter untuk memahami apa penyebab jamur kuku dan pengobatannya cocok tingkat keparahan serta jenis jamurnya.Di samping itu, perawatan kuku berjamur pun membutuhkan masa-masa berbulan-bulan. Bahkan, penyakit kuku ini bisa terjadi kembali bila Anda tidak mengasuh kuku dengan baik atau terinfeksi dari orang lain.Berikut ini sejumlah cara mengobati kuku jamuran, mulai dari obat jamur kuku sampai bahan-bahan alami untuk menanggulangi masalah ini.

 

Obat jamur kuku dari dokter

Setelah berkonsultasi dengan dokter dan menjalani tes, laksana persiapan KOH guna mendeteksi jenis patogen yang menyerang kuku, kita akan diserahkan obat. Umumnya, dokter bakal meresepkan obat yang sudah memiliki Izin Produksi PKRT  antijamur oral (diminum) atau yang dioleskan pada kuku.

Obat jamur kuku oral

Bagi kita yang merasakan infeksi jamur kuku yang menunjukkan fenomena yang lumayan parah, dokter barangkali akan menyerahkan perawatan yang lebih agresif. Pasalnya, obat antijamur oral diandalkan mempunyai tingkat kesembuhan yang lebih tinggi dikomparasikan obat topikal.Obat antijamur yang satu ini pun bekerja lebih cepat sebab mengatasi masalah jamur pada kuku dari dalam tubuh.

Meski begitu, obat yang satu ini mempunyai sejumlah efek samping, laksana ruam kulit dan penyakit liver.Oleh karena itu, Anda barangkali perlu menjalani pengecekan darah masing-masing bulan. Pasalnya, penderita penyakit liver dan jantung tidak dianjurkan mengonsumsi obat ini. Berikut ini sejumlah obat oral yang telah diamini dapat mengobati jamur kuku.

Flukonazol
Griseofulvin
Itraconazole
Terbinafine

Obat jamur kuku topikal

Di samping oral, obat jamur kuku pun terdapat dalam format topikal. Artinya, Anda dapat menggunakan salep atau krim tertentu guna mengobati jamur kuku.Salep antijamur seringkali digunakan untuk menanggulangi infeksi jamur yang ringan sampai sedang. Pengobatan topikal ini bertujuan untuk menangkal pertumbuhan jamur ketika kuku pulang tumbuh.Kuku jari normalnya tumbuh dalam masa-masa empat sampai enam bulan.

Sementara itu, kuku kaki memerlukan waktu lebih lama, yaitu 12 sampai 18 bulan.Pada rentang masa-masa tersebut dibutuhkan salep atau krim guna menghalau infeksi jamur ketika kuku tumbuh.Tantangan dari perawatan penyakit kuku yang satu ini ialah perlu dipakai sesering mungkin. Bahkan, sejumlah diantaranya mesti dipakai setiap hari guna mendapatkan hasil yang terbaik.Obat-obatan antijamur topikal mencakup sebagai berikut.

Amorolfine
Ciclopirox
Efinaconazole
Tavaborole
Berbeda dengan obat antijamur oral, obat topikal ingin menimbulkan efek samping yang ringan, laksana kuku kaki tumbuh ke dalam sampai sensasi terbakar.

 

Cat kuku dari dokter

Anda barangkali merasa mengherankan bila mesti memakai cat kuku untuk menanggulangi infeksi jamur. Faktanya, cat kuku antijamur memang benar tersedia, yakni ciclopirox.Cat kuku ini bakal diolesi pada kuku yang bobrok dan kulit sekitarnya sekali sehari. Tujuh hari kemudian, Anda dapat membersihkan tumpukan lapisan cat dengan alkohol dan mulai pulang mengolesinya dengan cat baru.Meski begitu, jenis perawatan yang satu ini lumayan lama dan memerlukan kesabaran. Pasalnya, Anda mesti memakai obat jamur kuku yang satu ini masing-masing hari selama nyaris satu tahun.

 

Operasi

Tidak melulu obat guna jamur kuku, terdapat sejumlah formalitas bedah yang dapat dilaksanakan untuk menanggulangi masalah ini. Prosedur bedah kuku ini dilaksanakan ketika infeksi jamur sudah paling parah dan obat-obatan tidak berhasil.Umumnya, dokter akan menarik keluar kuku yang terinfeksi melalui sejumlah prosedur sebagai berikut.

Pencabutan kuku non-bedah, yakni mengoleskan bahan kimia pada kuku
Pencabutan kuku secara bedah
Meski begitu, kita tidak butuh khawatir. Walaupun kedua formalitas tersebut menarik keluar kuku Anda, kuku masih dapat tumbuh kembali. Namun, infeksi yang tidak berhasil sembuh memerlukan perawatan khusus supaya kuku tidak dapat tumbuh kembali.

 

Pengobatan jamur kuku di rumah

Di samping mendapatkan obat jamur kuku dari dokter, kita juga dapat memanfaatkan teknik alami guna mengobati penyakit kuku ini. Apa saja?

 

1. Pakai minyak pohon teh

Salah satu teknik alami guna mengobati infeksi jamur kuku selain memakai obat dari dokter ialah memanfaatkan bahan alami, laksana minyak pohon teh.Minyak pohon teh atau tea tree oil ialah minyak esensial yang umum dipakai dalam produk kecantikan. Kabar baiknya, menurut keterangan dari National Center of Complementary and Integrative Health minyak ini sesuai untuk jamur kuku.Hal ini disebabkan minyak pohon teh berisi bahan antijamur dan antiseptik yang efektif guna mengobati jamur kuku.

Cara memakainya:

 

Bersihkah lokasi kuku yang terinfeksi dan keringkan
Celupkan kapas ke dalam minyak pohon teh
Oleskan pada unsur kuku yang terinfeksi
Lakukan sejumlah dua kali sehari

2. Memanfaatkan cuka

Cuka ialah salah satu obat jamur kuku alami yang gampang didapatkan. Pasalnya, cuka dapat menolong menyeimbangkan pH kulit dan mempercepat penyembuhan infeksi jamur kuku.Cuka pun dapat menolong mencegah penyebaran jamur supaya tidak menginfeksi ke unsur kuku lainnya.

Cara memakainya:

Masukkan cuka jernih atau cuka apel ke dalam baskom mengandung air hangat
Isi baskom dengan komparasi 1:2
Rendam kaki sekitar 20 menit masing-masing hari

3. Rutin gunting kuku

Potong kuku adalahbagian dari teknik merawat kuku yang penting, terutama ketika kuku kita terinfeksi jamur. Cara mengobati jamur kuku yang satu ini menolong mengurangi rasa sakit dengan meminimalisir tekanan kuku.Bahkan, mencukur kuku sebelum mengoleskan obat jamur kuku dapat menolong obat tersebut menjangkau lapisan kuku terdalam.

Sebelum mencukur atau menipiskan kuku yang tebal, Anda dianjurkan menghaluskannya dengan krim yang berisi urea. Di samping itu, untuk orang yang memiliki masalah aliran darah ke kaki dan tidak dapat mencukur kuku sendiri, temui penyedia layanan kesehatan.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *