Jenis-Jenis Kapal Pengangkut Barang yang Ada di Indonesia

Mengetahui jenis-jenis kapal pengangkut barang memang sangat penting karena negara kamu terdiri dari 70 % lautan. Oleh karena itu, perlengkapan transportasi laut untuk angkutan barang tersebut mempunyai peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi. Berikut ini jenis-jenis kapal pengangkut barang :

1. Kapal Tanker

Kapal ini memiliki sistem mutakhir untuk keselamatan seluruh awaknya. Tangker digunakan untuk membawa zat cair dalam jumlah besar. Kategori kapal ini di antaranya yaitu pembawa gas alam, minyak, dan bahan kimia.

2. Kapal Ro-Ro

Kapal ini digunakan untuk membawa sekian tidak sedikit kendaraan yang dirancang dengan built-in yang landai. Tujuan didesain laksana tersebut supaya mempermudah bongkar muat kargo kendaraan tersebut.

3. Kapal Kargo

Kapal ini digunakan untuk membawa kontainer dengan sistem containerization. Tehnik ini agar kontainer dapat dirombak secara serentak dan kapal bisa cepat berlayar lagi.

4. Kapal Bulk Carrier

Kapal ini dirancang guna membawa kargo curah seperti semen, biji-bijian, dan batu bara. Kapal Bulk Carrier mempunyai daya angkut yang ekstra besar.

5. Kapal Tongkang

Jenis-jenis kapal pengangkut barang lainnya merupakan Tongkang yang berbentuk landai atau datar. Kegunaannya untuk membawa barang di sungai dan kanal barang. Kapal ini harus ditarik kapal tunda atau didorong towboats sebab tidak tidak banyak yang tidak bisa berlayar sendiri.

6. Kapal Hopper Tongkang

Kapal ini pun tergolong non-mekanik atau tidak dapat bergerak sendiri. Kapal ini dirancang guna membawa tanah, pasir, batu, dan sampah yang dibuang disungai atau laut untuk reklamasi.

7. Kapal Angkatan Berat

Kapal ini dirancang untuk memindahkan muatan yang tidak dapat dilaksanakan oleh kapal lain. Ada dua tipe yaitu pertama submersible yang digunakan untuk mengangkat kapal lainnya. Tipe kedua yakni guna menjadi media bongkar muat di pelabuhan.

8. Kapal Floating Production

Kapal ini merupakan sebuah sistem tangki apung yang dipakai oleh industri minyak dan gas lepas pantai. Fungsinya guna membawa semua minyak atau gas yang dihasilkan. Lalu zat-zat tersebut diturunkan pada kapal tanker dan dibawa melewati pipa.

Berbicara tentang perusahaan pengiriman barang tentunya tidak sedikit orang yang mendirikan perusaan cargo dengan berbagai kelebihannya masing-masing. Kita beebagai masyarakat biasanya tentunya kita akan memilih ongkir/ongkos kirim yang terjangkau dan rating ulasan perusaan tersebut.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *