Kumpulan Warna Helm Proyek dan Kegunaannya

 

 

Distributor Alat Safety Jakarta – apa tersebut kesehatan dan keselamatan kerja faedah tujuan manfaatnya – Kesehatan serta keselamatan kerja (K3) merupakan bagian yang sehubungan dengan kesehatan, keselamatan, serta kesejahteraan insan yang bekerja dalam sebuah institusi ataupun lokasi proyek. Tujuan K3 merupakan untuk merawat kesehatan serta keselamatan lingkungan kerja. K3 pun mengayomi rekanan kerja, family pekerja, pembeli, serta orang beda yang mungkin diprovokasi kondisi lingkungan kerja

Undang-Undang K3 di Indonesia
Pemerintah Indonesia sendiri telah mengendalikan penyelenggaraan K3 ini dalam Undang-undang No. 1 Th. 1970, No. 23 Th. 1992, serta No. 13 Th. 2003. Bahkan pemerintah telah mengendalikan dengan jelas guna perusahaan yang tidak melakukan peraturan undang-undang maka digunakan denda paling tidak sedikit Rp15.000.000, – atau pidana kurungan sangat lama 1 tahun.

“Kecelakaan kerja ialah kecelakaan yang dilangsungkan dalam hubungan kerja, termasuk kemalangan yang tidak jarang terjadi dalam perjalanan dari rumah mengarah ke tempat kerja atau sebaliknya, serta penyakit yang diakibatkan oleh lingkungan kerja. ”

Pemahaman serupa pun ditata dalam Pasal 1 angka 6 Undang-Undang No. 3 Th 1992:

“Kecelakaan kerja ialah kecelakaan yang terjadi berkaitan dengan hubungan kerja, tergolong juga sejumlah penyakit yang muncul sebab hubungan kerja, begitu pula kecelakaan yang dilangsungkan dalam perjalanan pergi dari rumah mengarah ke tempat kerja, serta kembali ke lokasi tinggal lewat jalan yang biasa atau lumrah dilalui. ”

 

seperti inilah ini.
1. Putih
Helm proyek warna putih diperuntukkan untuk mandor (foreman), insinyur (engineer), dan supervisor.
2. Hijau
Helm proyek warna hijau diperuntukkan untuk petugas K3, pekerja baru, dan pekerja yang masih dalam masa percobaan.
3. Kuning
Helm proyek warna kuning diperuntukkan untuk pekerja umum dan operator perangkat berat.
4. Cokelat
Helm proyek warna cokelat diperuntukkan untuk pekerja yang tercebur dalam pekerjaan sehubungan dengan panas laksana pengelasan.
5. Biru
Helm proyek warna biru diperuntukkan untuk tukang kayu, teknisi listrik, dan operator teknis lain.
6. Oranye
Helm proyek warna oranye diperuntukkan untuk petugas atau kru jalan raya.
7. Abu-abu
Helm proyek warna abu-abu diperuntukkan untuk tamu perusahaan yang berangjangsana ke lokasi konstruksi.
Namun semenjak Januari 2017, Build UK mengolah standar warna helm proyek.
Warna safety helmet yang semula tujuh berubah melulu menjadi empat dengan peruntukannya sebagai berikut.
1. Putih
Helm proyek warna putih diperuntukkan untuk site manager, competent operative, atau vehicle marshall, yaitu pekerja yang berkompeten guna meyakinkan pergerakan perangkat berat supaya tetap aman.
2. Hitam
Helm proyek warna hitam diperuntukkan untuk supervisor.
3. Oranye
Helm proyek warna oranye diperuntukkan untuk signaler—pekerja yang bertugas memberi sinyal—atau slinger—pekerja yang bertugas guna memuat dan merombak muatan.
4. Biru
Helm proyek warna biru diperuntukkan untuk tamu atau seluruh orang yang berada di lokasi kerja itu dan tidak tergolong dalam kelompok yang dilafalkan sebelumnya.
Perubahan standar warna ini bukannya tanpa alasan.
Adapun dasar Build UK mengolah standar warna helm proyek antara beda sebagai berikut.
• Peneliti mengejar bahwa tidak sedikit tempat kerja atau kontraktor yang memiliki kebijakan bertolak belakang bersangkutan warna helm keselamatan.
• Kontraktor pribadi juga memiliki warna safety helmet yang berbeda.
• Organisasi network rail memiliki aturan spesifik berhubungan warna helm pengaman untuk pekerjaan yang dilaksanakan di pinggir rel kereta api. Adapun kode warna yang dimaksud ialah putih guna pekerja dan biru guna orang yang belum pernah memiliki pengalaman berhubungan atau tamu.
• Pendekatan yang tidak konsisten itu berpotensi memunculkan keadaan bingung dan bahaya.
Sementara tersebut di Indonesia sendiri, belum terdapat standar warna helm proyek secara khusus. Namun, Indonesia memiliki aturan nasional berhubungan helm pengaman, yaitu SNI ISO 3873:2012.
Adapun salah satu misal pemakaian perbedaan warna helm proyek di Indonesia ialah sebagai berikut.
1. Putih
Helm proyek warna putih diperuntukkan untuk orang-orang dengan jabatan tinggi di area konstruksi laksana manajer, insinyur, dan mandor.
2. Biru
Helm proyek warna biru diperuntukkan untuk supervisor lapangan dan operator teknis (seperti teknisi kelistrikan sampai tenaga berpengalaman dalam bidang bangunan kayu).
3. Hijau
Helm proyek warna hijau diperuntukkan untuk orang-orang yang bersangkutan lingkungan laksana peneliti lingkungan atau pengawas lingkungan terhadap lokasi yang dibangun.
4. Merah
Helm proyek warna merah diperuntukkan untuk pengawas sistem di lokasi proyek.
5. Kuning Terang
Helm proyek warna kuning cerah diperuntukkan untuk pekerja umum atau subkontraktor.
6. Jingga
Helm proyek warna jingga diperuntukkan untuk di samping pekerja konstruksi yang hendak masuk dan mengerjakan peninjauan lokasi tersebut.

Toko Jaya Safety Jakarta

 

Gedung LTC Glodok Gf 2 Blok A16 No.5 Jl. Hayam Wuruk No.127 Jakarta Barat, Jakarta Barat
DKI Jakarta , Indonesia

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *