Manfaat Slip Gaji

Manfaat Slip Gaji Pegawai

Buat anda yang berstatus sebagai karyawan di suatu perusahaan, tentu selalu bisa slip gaji sesudah menerima gaji bulanan. Dari slip gaji, kamu dapat tahu gaji pokok, tunjangan-tunjangan, maupun potongan-potongan laksana untuk BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan, hingga pajak yang mesti dibayar, sehingga hadir angka gaji bersihmu.

 

Pengertian dan Fungsi Slip Gaji

Secara umum slip gaji ialah bukti otentik atau bukti sah penerimaan gaji dari pemberi kerja untuk pekerja atau pegawai. Dalam slip gaji yang diserahkan perusahaan ada bagian-bagian nominal tertentu, baik terperinci maupun melulu sekedar rangkuman. Baik perusahaan yang menyerahkan gaji take home pay atau yang lain, slip gaji tetap diterbitkan.

 

Bagi perusahaan, slip gaji bermanfaat sebagai arsip atas pendaftaran pengeluaran gaji yang dibayarkan perusahaan untuk karyawan. Atau sebagai bukti sah bahwa perusahaan telah mengerjakan kewajibannya terhadap karyawan yang bersangkutan sehubungan dengan sebanyak nominal tertentu yang menjadi hak karyawan.

 

“Pengusaha wajib menyerahkan bukti pembayaran upah (slip gaji) yang memuat rincian upah yang diterima pekerja pada ketika upah dibayarkan,” bunyi Pasal 17 ayat (2) Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2015 mengenai Pengupahan. Itulah yang menjadi dasar hukum bahwa perusahaan wajib menyerahkan slip gaji untuk karyawannya.

 

Sedangkan guna pekerja, slip gaji adalahbukti kejelasan proses penggajian atau sebagai informasi potongan pajak dan penyetoran pajak penghasilan. Namun di samping kegunaan dan guna slip gaji di atas, tidak sedikit manfaat beda yang dapat Anda dapatkan dengan slip gaji.

 

1. Mengajukan Kredit Alat Elektronik

Sering kali kemauan membeli alat-alat elektronik mesti dikesampingkan sebab harus memenuhi keperluan lain yang lebih prioritas. Hal itulah yang mengakibatkan sebagian orang memilih melakukan pembelian televisi, kulkas, mesin cuci, atau perlengkapan elektronik beda secara kredit. Biasanya kriteria guna mengambil angsuran harus memberikan slip gaji sebagai pertimbangan kemampuan anda membayar angsuran per bulan. Slip gaji tersebut pun akan memprovokasi lamanya jangka waktu angsuran yang dipungut nantinya.

 

2. Mengajukan KPR

Bagi anda yang hendak membeli lokasi tinggal dengan Kredit Pemilikan Rumah (KPR), mempunyai slip gaji menjadi kriteria utama yang mesti dipenuhi. Melalui slip gaji, bank bakal menganalisa kemampuanmu guna membayar angsuran rumah masing-masing bulannya. Idealnya gaji bulanan anda harus tiga kali lipat lebih banyak dari angsuran per bulan. Oleh karenanya, pastikan anda menyesuaikan cicilan yang dipungut dengan gaji yang diterima.

3. Mengajukan Kredit Tanpa Agunan

Slip gaji pun sering dijadikan sebagai pengklasifikasian orang-orang dalam mengemukakan kredit. Hal yang sama berlaku ketika anda mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA). Slip gaji menjadi di antara syarat yang mesti dipenuhi. Kemampuan menunaikan dapat disaksikan dari slip gaji dan disertakan dalam eksemplar isian pengajuan kredit tanpa garansi tersebut. Sama seperti pengusulan KPR, besarnya slip gaji dominan pada evaluasi dan persetujuan bank maupun pihak ketiga terhadap kredit yang anda ajukan. Bukan hanya itu saja Slip gaji juga bisa melakukan pinjaman online cepat cair/Pinjol di aplikasi dan layanan pinjaman online cepat cair seperti SINGA dan lain-lain dan pastikan layanan tersebut sudah di awasi oleh OJK.

 

4. Mengajukan Kredit Motor dan Mobil

Manfaat beda yang dapat kamu dapatkan dari slip gaji ialah dalam hal pengusulan kredit kendaraan bermotor, baik mobil maupun motor. Kamu butuh menyertakan slip gaji sebagai kriteria memungut kredit tersebut. Tentu saja jenis, merek, dan DP atau duit muka kendaraan akan dominan terhadap jumlah angsuran yang mesti anda bayarkan.

 

5. Bagi Melamar Pekerjaan Baru

Mungkin tidak sedikit yang tidak tahu ada sejumlah perusahaan yang mensyaratkan pelamarnya guna melampirkan slip gaji ketika melamar pekerjaan. Biasanya slip gaji bakal diminta ketika anda dan pihak HRD  perusahaan ketika negosiasi gaji. Pelamar dalam urusan ini dapat menaikkan (mark up) gajinya di kantor lama, kemudian memasang gaji jauh lebih tinggi di kantor baru.

 

Tapi dengan slip gaji, HRD  perusahaan dapat memahami kebenaran berapa sebetulnya gajimu di kantor lama, sehingga anda tidak dapat seenaknya menyerahkan penawaran gaji ‘selangit.’ HRD perusahaan kantor baru pun bisa memperkirakan gaji yang pas cocok dengan empiris kerjamu. Kuncinya ketika negosiasi gaji sih buka harga dengan permintaan gaji naik dari kantor sebelumnya, tetapi tetap melihat keterampilan dan empiris kerjamu.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *