Metode memastikan Chord bawah suatu Lagu

  • Share

Bisa jadi sahabat sempat dengar ataupun mengalami suatu lagu yang memakai sebagian chord namun sedang bimbang apa sih chord dasarnya. Dalam sebagian permasalahan, terdapat pula lagu yang seketika bunyi dasarnya berganti keseluruhan ataupun diketahui pula dengan sebutan modulasi yang membuat sahabat bimbang kemana progresi atau pergantian chord selanjutnya.

Nah, buat menanggulangi permasalahan itu admin coba berikan pemecahan untuk sahabat seluruh. Saat sebelum mengawali lebih jauh terdapat bagusnya, sahabat memahami dahulu chord- chord open string( silahkan baca di mari) serta power chord( kunci berdiri)( silahkan baca di mari) buat mempermudah sahabat memahaminya.

Sahabat bisa jadi sempat mengikuti tangga bunyi utama yang bermuatan 7 bunyi( do- re- mi- fa- sol- la- si) dengan ketentuan jarak 1- 1- 1 atau 2- 1- 1- 1- 1 atau 2. Kali ini admin hendak memakai ilustrasi tangga bunyi C major yang terdiri dari bunyi C- D- E- F- G- A- B. Sahabat bisa memandang ini merupakan antrean nada- nada dalam tangga bunyi C major.

Kemudian pertanyaannya gimana jika dalam kita mau membawakannya dalam chord? Dalam postingan kali ini, aku tidak hendak mangulas dengan cara terperinci mengenai gimana ketentuan suatu chord major, chord minor, serta chord diminished itu dibangun tetapi lebih menekankan gimana sahabat dapat menyamakan dari tangga bunyi major scale mulanya diaplikasikan dalam chord.

Dari tangga bunyi C major mulanya kita miliki chord C, Desimeter, Em, F, Gram, Am, Bdim( ini bersumber pada ketentuan bunyi pembuat chord hendak aku bahas dalam postingan yang lain). Apabila sahabat memandang bunyi 1, 4, 5 dalam tangga bunyi C major mulanya berganti menciptakan chord major sedangkan bunyi 2, 3, 6 menciptakan chord minor serta bunyi 7 jadi chord diminished. Cari ketahui filosofi bawah pembuatan suatu chord di mari.

Nada bawah serta Chord- chord di dalamnya

Nah, kita telah ketahui dengan bunyi bawah C kita memiliki chord C, Desimeter, Em, F, Gram, Am, serta Bdim dengan metode yang serupa kita bisa mengenali pula chord bersumber pada bunyi bawah yang lain. Selanjutnya catatan komplit progresi bersumber pada bunyi bawah.

bunyi dasar dan Chord- chord

  1. C [C- Dm- Em- F- G- Am- Bdim]
  2. C# [C#- D#m- Fm- F#- G#- A#m- Cdim]
  3. D [D- Em- F#m- G- A- Bm- C#dim]
  4. D# [D#- Fm- Gm- G#- A#- Cm- Ddim]
  5. E [E- F#m- G#m- A- B- C#m- D#dim]
  6. F [F- Gm- Am- A#- C- Dm- Edim]
  7. F# [F#- G#m- A#m- B- C#- D#m- Fdim]
  8. G [G- Am- Bm- C- D- Em- F#dim]
  9. G# [G#- A#m- Cm- C#- D#- Fm- Gdim]
  10. A [A- Bm- C#m- D- E- F#m- G#dim]
  11. A# [A#- Cm- Dm- D#- F- Gm- Adim]
  12. B [B- C#m- D#m- E- F#- G#m- A#dim]

Nah, sahabat telah ketahui bukan bunyi bawah dan chord- chordnya. Kemudian gimana sih mencari chord dalam bunyi bawah khusus, misalnya jika terdapat sahabat kita bilang bunyi dasarnya Gram, chord apa saja yang wajib kita mainkan? Bersumber pada bagan di atas kita ketahui kalau dengan bunyi bawah Gram, kita paling tidak memiliki opsi chord G- Am- Bm- C- D- Em serta F#dim tetapi bila aku wajib bermain chord C bila bermain D dst.

Metode gampang buat menduga chord yang dimodulasi

Metode yang sangat gampang merupakan main dengan chord berdiri sebab pada dasarnya wujudnya serupa cuma posisinya berganti. Misalnya antrean chord- chord pada lagu wajar merupakan C- Am- F- G hingga apabila dicoba modulasi alhasil bunyi dasarnya berganti dari D makan chord- chord yang kita mainkan merupakan D- Bm- G- A.  Apabila dimainkan dengan power chord kita tidak hendak hadapi kesulitan sebab cuma posisinya yang berganti.

Saat ini jika misalnya antrean chordnya D- F#m- Bm- G- A jika kita pakai modulasi alhasil bunyi dasarnya berganti-ganti. Chord gitar tentunya sangat berguna bagi kita yang yang hobi dengan bermain gitar. Ditambah lagi  adanya wibeste-website yang menyediakan lirik maupun kunci gitar yang kita inginkan. Dampak positif dari web chord ini adalah kita dapat belajar dimana pun kita berada tanpa membawa buku atau kertas yang sudah kita tulis liriknya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *