Pentingnya Pencatatan Keuangan Bagi Pelaku Bisnis

  • Share

Dalam sebuah bisnis, tidak akan terlepas dari sebuah aktivitas transaksi keuangan. Mulai dari bisnis yang kecil hingga bisnis yang besar pasti membutuhkan laporan transaksi keuangan yang terjadi dalam periode harian, mingguan, bulanan bahkan tahunan.

Hal tersebut tidak semata-mata digunakan untuk kerapihan dokumentasi, namun yang paling utama adalah untuk melihat jumlah keuntungan bisnis yang sedang dikerjakan. Lebih tepatnya supaya terlihat jelas apakah sedang mengalami kerugian atau tidak.

4 Pentingnya Pencatatan Keuangan

Mencatat keuangan sangatlah penting bagi setiap para pelaku bisnis. Berikut paparan penjelasannya :

1. Melihat Perkembangan Usaha

Dengan adanya pencatatan keuangan yang terperinci dan detail, akan memudahkan Anda sebagai pelaku bisnis untuk melihat perkembangan kondisi bisnis dalam periode tertentu.

Apakah bisnis yang sedang dijalankan sudah mencapai target yang diharapkan atau tidak.

2. Mengetahui Kondisi Keuangan

Keuangan merupakan hal yang paling krusial dalam sebuah bisnis.

Transaksi masuk dan keluar harus selalu terpantau dan terkontrol oleh pelaku usaha agar tidak menyebabkan kondisi keuangan dalam bisnis kian memburuk atau bahkan minus.

Oleh karena itu, mencatat keuangan sangatlah dibutuhkan dalam sebuah bisnis.

3. Decision Maker atau Pembuat Keputusan

Mencatat keuangan yang berujung menjadi sebuah laporan keuangan akan selalu dijadikan salah satu sarana para pemilik pelaku usaha untuk membuat keputusan.

Baik keputusan dalam penentuan produk, target penjualan, penentuan market/konsumen atau bahkan sampai pada keberlangsungan usaha yang sedang dijalani harus lanjut atau tidak.

4. Membuat Laporan Keuangan

Berawal dari pencatatan keuangan, laporan keuangan dapat disusun sedemikian rupa guna untuk menyajikan informasi keuangan usaha dalam periode tertentu.

Karena dari laporan keuangan para pelaku bisnis dapat melihat kinerja bisnisnya dan juga dapat digunakan sebagai alat dokumentasi bisnis di masa yang akan datang.

Mencatat keuangan tidak harus dilakukan secara terstruktur dengan standarisasi tertentu.

Karena tujuan dari mencatat keuangan itu sendiri adalah bisa memberikan informasi singkat, jelas dan mudah dimengerti bagi masing-masing pelaku bisnis.

Ada yang melakukan pencatatan atau pembukuan secara manual, namun ada juga yang menggunakan sistem. Apapun caranya, yang terpenting adalah pencatatan keuangan tetap dilakukan dalam sebuah bisnis agar terlihat kinerja dari bisnis tersebut.

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *