Sensasi Makanan Khas Parigi Moutong

Edisi jalan-jalan sebenarnya bukan destinasi utama kami namun sebab ada peluang yang lumayan lowong dan pun disekitar lokasi kerja kesebelasan kami ada kuliner khas Parigi moutong maka kami tidak melewatkan peluang ini. Momentum ini kami mamfaatkan sebagai ajang refreshing sekaligus merasakan sensasi rasa guna memanjakan lidah. Itulah sedikit empiris kami disela-sela pekerjaan kami mengurus persiapan pengamalan Kemah Pesisir Pemuda Bahari oleh Kementerian Pertahanan RI dan Forum Pemuda Bahari Indonesia bareng Almahdi (Ketua rombongan), Ahmad Rhawi Basri, Syafrudin Sinala dan saya sendiri. Bagi kami, mencoba sekian banyak kuliner atau makanan khas dari Parigi Moutong bukan sekedar hendak mengetahui sensasi rasa yang tak biasa, namun yang terpenting ialah isnpirasi dari masing-masing perjalanan guna dikabarkan pada dunia bakal keunikannya. Daya Tarik makanan khas pun menjadi unsur yang akan diberikan melalui artikel ini sampai-sampai pembaca dapat memperkaya referensi berhubungan makanan khas parigi Moutong. Makanan Khas Parigi Moutong antara lain:

Lalampa, jenis makanan yang tercipta dari beras ketan dengan isi abon sapi. Lalampa dibalut dengan daun pisang lalu dihanguskan untuk meningkatkan cita rasa khas dari perpaduan rasa dan wewangian yang menggoda. Lalampa juga diciptakan dengan dosis pas antara rasa pedas, asin, manis, santan guna rata-rata selera orang Indonesia. Makanan yang serupa dengan Lalampa ini ialah Gogos, Nasi Bakar Ketan dan Lemper namun keanehan rasa yang menggoda masih lebih berpengaruh pada Lalampa. Nama Lalampa kami tidak tau serupa maknanya namun dalam bahasa wilayah kami di Makassar Lalampa berarti “akan ke (suatu tempat)”.

Binte ialah jenis makanan beda yang sempat kami nikmati saat berangjangsana ke Parigi. Binte ialah jenis makanan yang bahan dasarnya ialah jagung dengan format makanan laksana sup. Bagi sensasi rasanya pun sangat luarbiasa nikmat dan kamu sejatinya mengupayakan makanan ini. Binte menawarkan sensasi perpaduan rasa antara manis, asin dan pedas yang pas sampai-sampai sup ini sangat pantas untuk dicoba. Meski Binte ini lebih di Kenal di Gorontalo tetapi kami pun menemukan makanan ini di Parigi Moutong dan sejumlah daerah di Sulawesi Tengah.

Di samping Lalampa dan Binte, masih ada sejumlah makanan khas dari Parigi – Sulteng tetapi penulis belum hendak membagikan sensasi rasa dan bahan dasar pembuatannya sebelum pengarang mencobanya sendiri, nama makanan tersebut misalnya ialah kue tedu dll. Sambil berlangsung dan mempersiapkan pekerjaan kami pada susunan acara Sail Tomini, kami tetap bakal mencoba sejumlah makanan khas dari wilayah ini dan wilayah yang bakal dikungjungi nantinya.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *