Tips  Cara Mendesain Kemasan Produk Agar Menarik

1. Pilih yang simpel dan tidak terlampau ramai

Bagaimana teknik mendesain cetak dus makanan supaya menarik? Tips kesatu ialah dengan menciptakan desain sederhana. Desain yang minimalis ini tidak sedikit kelebihannya, lho. Karena desainnya sederhana, guna memproduksinya juga tidak begitu sulit. Dengan tingkat kendala yang tidak banyak ini, seringkali biaya produksinya juga tidak terlampau mahal.

Itu dari sisi harga. Dari segi visual, desain yang sederhana malah terlihat anggun dan berkelas. Lebih menarik dan unik perhatian. Dengan opsi warna, ilustrasi, dan jenis huruf yang enak disaksikan mata, Anda dapat menghadirkan desain yang tetap terkesan “wah” daripada menciptakan desain yang terlampau ramai.

 

2. Sesuaikan desain dengan target pasar

Saat menciptakan desain, pastinya ada tidak sedikit pertimbangan yang butuh dipikirkan. Satu yang sangat utama ialah target pasar tersebut sendiri. Kepada siapa produk ini berkeinginan ditujukan bakal menilai laksana apa Anda bakal mengemas produk tersebut.Mulai dari pemilihan warna, jenis huruf, logo atau gambar, sampai nanti material yang akan dipakai untuk menciptakan kemasan tersebut.

Contoh target pasar wanita misalnya, Anda dapat menghadirkan desain kemasan yang terasa lebih feminin. Dengan memilih warna-warna yang lebih lembut laksana warna-warna pastel misalnya. Sementara guna target pasar laki-laki, menggunakan warna-warna netral atau warna solid bakal lebih baik dan menarik untuk mereka.

 

3. Buat artikel yang singkat dan jelas di kemasan

Tips lainnya soal bagaimana teknik mendesain kemasan produk supaya menarik ialah dengan memerhatikan artikel yang akan diletakkan di kemasan. Seperti kemasan beda pada umumnya, tentu memuat sejumlah informasi produk pada kemasan. Informasi produk ini tentunya mesti benar-benar disaring. Usahakan supaya memuat artikel yang singkat dan jelas pada kemasan.

Contoh guna kemasan makanan jadi siap konsumsi, alih-alih mengulas seluruh komposisi makanan di kemasan, informasinya dapat dikurangi. Cukup nama brand serta nama menunya.Jika hendak menambahkan penjelasan lain, tambahkan informasi yang krusial saja. Seperti informasi “halal” atau informasi soal suhu tubuh koki yang mempersiapkan produk makanan tersebut.

 

4. Buat kemasannya mudah dimulai dan dibawa

Ada pertanyaan beda juga, bagaimana teknik mendesain kemasan produk supaya menarik tetapi tetap fungsional? Fungsional di sini maksudnya dapat menjaga produk di dalam kemasan dengan aman, serta gampang dibawa dan dimulai pembeli. Dengan kata lain, desain kemasannya juga usahakan tidak menyulitkan konsumen yang berkeinginan mengkonsumsi produk tersebut.

Ini dengan kata lain Anda mesti menyesuaikan antara dua hal. Pertama, jenis produk yang bakal dikemas. Apakah produknya gampang rusak atau pecah misalnya, serta ukurannya pun harus dipertimbangkan. Kedua, minat konsumen tersebut sendiri. Dua informasi ini akan menolong Anda memilih desain kemasan yang sangat sesuai.

5. Pilih bahan yang pas dengan jenis produk

Tidak seluruh bahan sesuai digunakan guna mengemas sebuah produk. Contoh bahan styrofoam biasa tidak dapat dipakai membalut cairan atau makanan berkuah sebab berpotensi merembes atau bocor. Sama halnya dengan sejumlah jenis produk lainnya. Jadi, tidak melulu desain, Anda pun harus menyediakan waktu guna memilih bahan yang tepat.

Salah satu jenis bahan kemasan yang sangat dianjurkan sekarang ialah packaging makanan yang ramah lingkungan. Tujuannya jelas guna mengurangi akibat kerusakan lingkungan, termasuk meminimalisir limbah kemasan tersebut sendiri. Kemasan ramah lingkungan pun menjadi daya tarik untuk sebagian besar konsumen sekarang sebab menunjukkan citra baik dari produk dan usaha Anda.

 

6. Contoh kemasan produk makanan yang unik

Untuk meningkatkan inspirasi gagasan kemasan, Anda dapat mencari sejumlah desain jadi di internet. Terutama sejumlah kemasan produk makanan yang tidak melulu menarik, tetapi pun aman mengawal makanan Anda. Mulai dari yang kemasannya simpel sampai yang paling unik dan gampang dikenali.

Salah satu misal kemasan produk makanan yang gampang dikenali ialah produk makanan AyamAyaman. Kemasannya diciptakan semarak dengan motif dan corak warna cerah. Lengkap dengan ilustrasi ayam di unsur atas penutup kemasannya. Kelihatan jelas bila sang empunya memberi perhatian tambahan untuk mendesain kemasan mereka.

Sebaliknya, misal kemasan produk makanan yang sederhana tetapi tetap khas ialah dari Rumah Naskoen. Box makanannya yang tercipta dari kertas tebal tersebut didesain dengan warna hitam. Lalu, artikel dan desainnya minimalis, diciptakan selaras dengan warna kuning. Tidak terlampau ramai dan tampak berkelas. Rumah Naskoen juga sejumlah kali muncul dengan kemasan yang bertolak belakang mengikuti tren pasar.

Masih ada tidak sedikit inspirasi bagaimana teknik mendesain kemasan produk supaya menarik yang dapat Anda ketahui. Dari mana mendapatkannya? Salah satunya ialah dengan susunan KOMPAG atau Komunitas Partner GoFood.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *